Menjaga Stamina Di Bulan Puasa

Tuesday, July 9, 2013


Memasuki bulan puasa Ramadhan,tentunya sangat mempengaruhi fisik dan tenaga kita.Diamana setiap umat islam melaksanakan puasa dengan menahan nafsu dari segala nafsu di dunia,dan salah satunya nafsu makan dan minum.

Setiap bahan makanan yang kita makan merupakan pembangkit stamina kita agar kita bisa beraktivitas dengan sempurna.Bagaiman rasanya tidak makan ?tidak terbayangkan betapa perihnya perut kita agar otak dalam pikiran kita dipengaruhi untuk mencari sumber energy yaitu dengan makan dan minum tadi.

Kebutuhan pokok makanan yang umumnya di Negara kita adalah nasi,didalam kandungan nasi sudah mencakupi segala kebutuhan didalam tubuh kita.Betapa pentingnya nasi bagi kita,Namun sebagian penduduk Indonesia juga mengkonsumsi gandum lho.

Nah tentunya pada bulan suci ramadhan ini,kita pasti kekurangan energy dan cairan tubuh.Ada beberapa hal yang harus kita ketahui,Agar kita tetap fress dan siap menjalani aktivitas kita sehari-hari.Diantaranya :

1.Minum Air Putih yang cukup,terkadang kita seringkali menyepelekan yang satu ini.Minimal dalam sehari kita minum 8 gelas,bagaimana dibulan puasa,sebisa mungkin kita lakukan di malam hari.karena air sangat membantu untuk meningkatkan energy dalam tubuh. 


2.makanlah dengan makanan yang bergizi,Bukan makanlah dengan kenyang hehehehe.Karena makan yang kenyang belum tentu bergizi,sedehana saja seperti yang diajarkan guru kita waktu sekolah yaiut 4 sehat 5 sempurna.Atur pola makan teratur,biasanya kita mengutamakan nafsu ketika berbuka.Sebisa mungkin kita konsumsi yang penting untuk tubuh seperti minum air putih,bubur kacang padi,susu. 

3. Istirahat yang cukup dong,dengan begitu tubuh tetap segar dan bugar beraktivitas.Pada malam hari kita disibukan dengan beribadah,tentunya menguras tenaga,dengan begitu disiang hari kita pergunakan istirahat secukup mungkin.Tapi bukan malah diwaktu siang tidur nonstop dan malam bergadang. 

4.Olah Raga yang cukup.Meskipun ini adalah kegiatan menguras tenaga tapi kegiatan yang kita lakukan yang ringan saja seperti  jalan santai di pagi hari,senam ringan,ini juga membantu kita untuk menjaga kesehatan jantung. 

5.Menambah multi vitamin,ini sangat membantu kita menjaga ketanan tubuh aga tidak mudah terserang penyakit.Seperti vitamin C ,D dan A.yang bisa kita dapatkan dari buah-buahan,susu sapu segar,daging dan sebagainya. 

6.refresing atau jalan-jalan,kegiatan ini juga membantu menyegarkan daya tahan tubuh kita,seperti saat menunggu saat berbuka dengan keliling-keliling kompleks,jalan-jalan ditepi pantai. 

7.Selalu tersenyum dan tertawa,Nah yang ini memang perlu juga lho,menurut sebuah penelitian senyum bisa menambah jangka waktu umur kita karena dengan senyum atau tertawa dapat menurunkan stress. 


sekian, semoga bermanfaat , dan selamat menjalankan ibadah puasa, bagi yang menjalankannya :)

sumber : http://romirusyaditips.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment